Thursday, 15 January 2015

Apa itu Desain Interior ?

Apa itu Desain Interior ?


Apa itu desain interior? saya yakin pertanyaan ini akan keluar di pikiran anda di saat anda mendengar dari pembecaraan orang lain, padahal anda kenal dengan desain tapi tidak kenal dengan desain interior. Hal ini juga yang saya alami di saat saya  titawarkan kerja pada desain interior. membutuhkan waktu yang lama  untuk memahami pengertian desain nterior sehingga saya mengerti dengan kata desain interior dan dapat membagikan ilmu ini melalui blog Wandani Studio

Pengertian desain interior

desain interior adalah ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam bangunan(3 dimensi) atau di disebut tata ruang


Contohnya :

Apa itu Desain Interior ?

Apa itu Desain Interior ?

Apa itu Desain Interior ?

Setelah anda mengetahui pengertian dari desain interior dan juga telah melihat beberapa contohnya, selanjutnya saya berikan 3 elemen terpenting dalam desain interior.
Tidak semua orang berkesempatan belajar dunia tata ruang atau banyak dikenal dengan desain interior. Umumnya, kita semua mengandalkan instinct dan taste dalam menata ruangan. Selain mengedepankan fungsi dan kebutuhan tentunya. 

dan ini adalah beberapa elemen yang harus anda ketahui dalam desain interior
Dari summber 
http://www.bintanghome.com/

1. Space ( Tata Letak)

interior 2 267
(FOTO: DOK.ISTIMEWA/ BINTANG HOME)



Dalam kebutuhan interior, Space lebih tepat diartikan sebagai tata letak. Bagaimana sebaiknya kita menempatkan furnitur, dekorasi ruangan dan sebagainya. Alat yang sangat membantu dalam menggambarkan space adalah desain layout. Sebaiknya Anda punya gambaran tentang dimensi ruangan beserta furnishingnya. Kemudian, Anda dapat bermain menentukan letaknya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Tata letak interior bukan hanya tentang dimana Anda meletakkan furnitur dan dekorasinya, perhatikan juga arah datang cahaya, sirkulasi udara, flow, dan susunan ruangan, serta akses masuk-keluar orang-orang yang ada di dalamnya.

2. Texture

Apa itu Desain Interior ?
(FOTO: DOK. ISTIMEWA/ BINTANG HOME)



Tidak terbatas pada aplikasi kain, unsur ini diartikan dengan penampilan sebuah elemen pengisi ruang. Mengidentifikasikan tingkat kekasaran atau kelembutan, mengkilap atau kusam dan sebagainya. Tekstur dapat memberikan dimensi tambahan dalam sebuah ruang. Dalam ruangan kecil dan gelap, tekstur halus dan mengkilap akan memberikan kesan reflektif menarik.



3. Light

Apa itu Desain Interior ?
(FOTO: DOK. ISTIMEWA/ BINTANG HOME)



Tak ayal lagi, peran cahaya dalam sebuah ruangan bisa jadi menempati urutan teratas. Karena interior dibatasi oleh ruang-ruang, sehingga cahaya yang dibutuhkan bukan cuma cahaya alami, tapi juga pencahayaan buatan. Selain berhubungan erat dengan warna, cahaya juga mampu menciptakan suasana khusus. Misalnya, lampu dengan pendar cahaya nyaman akan melahirkan kesan tenang atau Kamar Tidur yang 'banjir' cahaya akan terasa lebih menyenangkan daripada yang miskin cahaya. Pencahayaan dalam ruang juga penting untuk menciptakan rasa tenang dan aman. Anda dapat mengelompokkan pencahayaan dalam ruang menjadi, pencahayaan fungsional,  pencahayaan dekorasi, dan pencahayaan aksen.

dengan sumber data lebih lanjut : http://www.bintanghome.com/ 

Apakah Anda sudah mengerti apa itu desain interior... jika ada yang kurang bisa di tinggalkan pertanyaan di kolom komentar, insyallah dengan cepat saya menjelaskannya.. dan jika anda suka dengan artikel ini anda biasa membagikannya kepada orang lain agar kita sama-sama mengerti...:)



Advertiser